Kamis, 27 Desember 2012

Pengertian dan Fungsi White Balance Pada Kamera

white balanceSTUDIO FOTO | FOTOGRAFER | MANOKWARI - Apa itu white balance?, White balance merupakan settingan pada kamera Anda yang membantu Anda menangkap warna saat memotret dan membuat mereka senyata mungkin. Pada dasarnya apa yang white balance lakukan adalah bahwa ia mengenali warna putih dalam gambar. Dikatakan bahwa semua warna berasal dari warna putih. Misalnya, sinar matahari berwarna putih, tapi ketika menyentuh prisma, warna itu terpecah menjadi pelangi.


Hasil masing-masing settingan white balance
Oleh karena itu, jika Anda bisa mendapatkan warna putih yang benar akan memberikan keseimbangan semua warna lainnya. Anda tidak perlu tahu tentang prisma atau bagaimana cahaya bekerja. Anda hanya perlu tahu bagaimana white balance pada kamera Anda bekerja. Jika Anda berada di bawah lampu kuning semua putih di sekitar Anda akan memiliki warna kuning. Ini berarti bahwa ada tambahan warna kuning.
Untuk warna lain dapat dikatakan sama. Sekarang, jika Anda ingin gambar Anda memiliki warna sebenarnya Anda perlu memberitahu kamera warna mana yang harus dianggap putih. Hal ini dapat disesuaikan secara manual di kamera DSLR Anda melalui white balance.
Setiap kamera DSLR memiliki settingan sendiri untuk menyesuaikan white balance. Sebagian besar kamera DSLR datang dengan pengaturan white balance untuk memudahkan anda. Saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan white balance dan apa yang mereka lakukan.
Auto – Dalam mode kamera mendeteksi cahaya dan membuat penyesuaian sendiri, di luar kendali penggunanya. Kebanyakan, mode Otomatis akan bekerja dengan baik, tapi kadang-kadang tidak dapat menghasilkan hasil yang diinginkan.
Flash – flash mode digunakan ketika Anda menggunakan flash untuk mengambil gambar. Mode ini mengkompensasi cahaya dingin dari flash dengan memasukkan warming efect dalam gambar.
Tungsten – Tungsten mengacu pada bola lampu, dan biasanya ditunjukkan oleh simbol yang terlihat seperti bola lampu kecil. Karena kita menggunakan lampu di rumah-rumah kita untuk penerangan, mode ini banyak digunakan untuk fotografi indoor. Bola lampu biasanya menghasilkan cahaya hangat (kuning pucat) dan dalam mode kamera ini memasukkan efek pendinginan (agak biru).
Fluorescent – fluorescent mengacu pada lampu sekarang yang banyak kita gunakan, atau lebih dikenal dengan lampu neon. Lampu ini menghasilkan cahaya yang kebiruan dibandingkan dengan bola lampu tungsten yang berwarna kuning. Seperti mode Tungsten, mode ini juga digunakan di dalam ruangan. Mode Fluorescent mengkompensasi efek dingin lampu neon dengan memasukkan sedikit warna hangat pada gambar.
Daylight – Mode ini diwakili dengan simbol yang terlihat seperti matahari. Sinar matahari dianggap cahaya sejati dan digunakan sebagai referensi untuk membuat mode lainnya. Mode ini berguna dalam mengambil gambar di bawah sinar matahari.
Shade – Mode ini berguna dalam mengambil gambar di luar ruangan tapi di area yang teduh. Daerah teduh ini bisa berada di sisi sebuah bangunan, di teras rumah, atau di bawah pohon. Sumber sebenarnya dari cahaya dalam hal ini adalah matahari, tapi bukan sinar matahari langsung. Saat teduh hanya sedikit lebih dingin dari sinar matahari langsung, mode ini akan mengkompensasi dengan memasukkan sedikit warna hangat pada gambar.
Cloudy – Seperti namanya, mode ini biasanya digunakan pada saat hari berawan atau mendung ketika sinar matahari tidak langsung dan terhalang oleh awan. Mode ini menciptakan sedikit warming effect pada gambar.
settingan white balance pada kamera
simbol white balance pada kamera
Anda dapat menggunakan salah satu pengaturan mode white balance di kamera Anda untuk memberikan hasil yang berbeda untuk foto Anda. Cobalah setiap pengaturan white balance ini dan menemukan perbedaan pada masing-masing settingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Studio Foto Manokwari support Fotografer Manokwari - Original design by Awal Saputra | Copyright of T-art Papua.